Dua Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Berhasil Menamatkan Studi

  • 28 Oktober 2019
  • 08:25 WITA
  • Administrator
  • Berita

Samata (Gowa) – Eviana dan Ramlah patut berbangga karena perjuangan selama lebih kurang 4 tahun berujung manis. Tepat tanggal 21 Oktober 2019, Eviana dan Ramlah diyudisium oleh Ketua Prodi Pendidikan Matematika Nursalam, S.Pd., M.Si.

Eviana mengangkat judul skripsi  “Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dan Numbered Head Together terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Keera Kabupaten Wajo”. Berikut sekilas dari abstrak skripsinya:

“Skripsi ini membahasa tentang komparasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan NHT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Keera Kabupaten Wajo yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. (2) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. (3) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan NHT. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment serta desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Keera yang berjumlah 115 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen 1 berjumlah 30 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 28 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep, berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji independent sample t test dan uji efisiensi relatif”.


Ramlah mengkaji skripsi berjudul “Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Minasatene Kabupaten Pangkep”. Berikut sekilas dari abstrak skripsinya:

“Skripsi ini membahas tentang perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa dengan tujuan untuk mengetahuihasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay di kelas VIII SMPN 2 Minasatene, mengetahui hasil belajar  matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas VIII SMPN 2 Minasatene, mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay di kelas VIII SMPN 2 Minasatene dan hasil belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas VIII SMPN 2 Minasatene. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design dengan desain nonequivalent kontrol group design. Data hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent samplet t-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Minasatene yang berjumlah 112 orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri atas dua kelas, yakni kelas VIII A sebagai kelas eksperimen1 dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen2”.

 

Prodi Pendidikan Matematika mengucapkan selamat kepada Eviana dan Ramlah atas capaiannya. Semoga gelar baru yang diperoleh dapat dimanfaatkan dengan penuh tanggungjawab untuk kemajuan agama, bangsa, dan negara di masa yang akan datang.

 

 

Penulis: Ahmad Farham Majid