Garap Skripsi tentang Literasi Numerasi, Badaruddin Amin Raih Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

  • 01 Maret 2024
  • 02:06 WITA
  • Administrator
  • Berita

PMT-Online. Di tengah semangat mahasiswa untuk menyelesaikan studi, Badaruddin Amin, mahasiswa angkatan 2020 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, sukses menyelesaikan studi pada jenjang sarjana. Badaruddin Amin berhasil meraih gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) setelah berhasil mempertahankan skripsinya di hadapan penguji pada ujian munaqasyah yang dilaksanakan pada Jum’at, 1 Maret 2024.

Badaruddin Amin mengusung skripsi yang berjudul "Pengembangan Tes Asesmen Kompetensi Mahasiswa untuk Mengukur Kemampuan Literasi Numerasi pada Program Studi Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar." Pengembangan tes asesmen kompetensi mahasiswa yang diusungnya bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengukur secara objektif kemampuan literasi numerasi mahasiswa Pendidikan Matematika. Dengan pendekatan yang cermat dan metodologi yang teruji, Badaruddin Amin mampu merancang instrumen tes yang valid dan reliabel.

Dalam penelitiannya, Badaruddin berhasil mengembangkan 50 butir tes asesmen kompetensi mahasiswa yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi numerasi. Pengembangan ini melibatkan tahapan penelitian yang cermat, mulai dari identifikasi kebutuhan, hingga uji kualitas instrumen yang meliputi uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Tes yang dikembangkan tidak hanya berfokus pada pemahaman dasar matematika, tetapi juga mengintegrasikan literasi numerasi ke dalam konteks nyata. Hal ini diharapkan dapat menciptakan mahasiswa yang tidak hanya mampu memahami konsep matematika, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Badaruddin Amin mengungkapkan rasa syukurnya atas kelulusannya dan berharap hasil penelitiannya dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan. "Saya berharap tes asesmen kompetensi mahasiswa yang saya kembangkan dapat diadopsi dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi mahasiswa," ucap Badaruddin Amin.

Dengan perjuangan dan kontribusinya dalam dunia literasi numerasi, Badaruddin Amin menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Semoga gelar Sarjana Pendidikan yang diraihnya menjadi awal dari perjalanan karir yang gemilang di dunia pendidikan.


Penulis: Dr. Nur Yuliany, M.Si & Badaruddin Amin, S.Pd.

Editor: Rudianto