Raih Gelar Sarjana, Wafiq Azizah Putri meneliti Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Self confidence Peserta Didik

  • 28 Februari 2024
  • 01:57 WITA
  • Administrator
  • Berita

PMT-Online. Wafiq Azizah Putri, mahasiswi angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar berhasil meraih gelar Sarjana Pendidikan dengan skripis yang berjudul “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Self confidence Peserta Didik SMP Negeri 1 Pangsid”. Gelar ini diraih setelah berhasil mempertahankan skripsi dihadapan dewan penguji pada ujian munaqasyah yang berlangsung di ruang Prodi Pendidikan Matematika pada Jumat, 23 Februari 2024. 

Penelitian yang dilakukan Wafiq Azizah Putri bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self confidence peserta didik SMP Negeri 1 Pangsid. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini adalah tes angket self confidence, tes kemampuan matematis, wawancara, serta untuk memvalidasi data menggunakan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan self confidence  tinggi dengan tingkat kemampuan komunikasi tinggi mencapai indikator kemampuan komunikasi matematis dengan maksimal yaitu memenuhi indikator Written Text, Mathematical Expression dan Drawing. Peserta didik dengan self confidence tinggi dengan tingkat kemampuan komunikasi sedang dapat mencapai indikator kemampuan komunikasi matematis dengan baik yaitu Written Text dan Drawing. Peserta didik dengan self confidence sedang dengan tingkat kemampuan komunikasi tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu indikator Written Text, Mathematical Expression dan Drawing. Peserta didik dengan self confidence sedang dengan tingkat kemampuan komunikasi sedang dapat memenuhi 2 indikator yaitu Written Text dan Drawing. Peserta didik dengan self confidence sedang dengan tingkat kemampuan komunikasi rendah dapat memenuhi 1 indikator yaitu Written Text. Peserta didik dengan self confidence rendah dengan tingkat kemampuan komunikasi rendah dapat memenuhi 1 indikator yaitu Written Text.

Temuan ini bukan hanya sebuah prestasi akademik semata, melainkan juga menjadi landasan penting bagi pengembangan dalam bidang Pendidikan Matematika. Dengan temuan ini, pendidik, guru, dan peneliti Pendidikan Matematika memiliki panduan berharga untuk menunjukkan tingkat kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari Self Confidence untuk menyelesaikan masalah kontekstual. Semoga hasil penelitiannya menjadi sumber inspirasi bagi para pendidik dan peneliti pendidikan lainnya untuk terus berupaya meningkatkan kualitas Pendidikan Matematika di Indonesia dan di seluruh dunia.


Penulis: Dr. Nur Yuliany, M.Si 

Editor: Rudianto