Kolaborasi Dosen Jur Pendidikan Matematika dan Guru MTsN Model dalam Melaksanakan PTK

  • 13 Januari 2021
  • 12:32 WITA
  • Admin FST
  • Berita

Tujuan utama kemitraan LPTK dengan USAID PRIORITAS adalah untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran di sekolah melalui peningkatan kualitas program pendidikan guru pra dan dalam jabatan. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).

Dalam melaksanakan PTK, guru dan dosen berkolaborasi.  Dalam hal ini, guru menjadi peneliti utama dalam penelitian, sementara dosen akan menjadi peneliti dan pendamping guru. Tim PTK, khususnya Tim PTK Matematika Sul-Sel terdiri dari 4 orang (Drs.H.Bernard, MS. dari UNM, Andi Dian Angriani, S.Pd., M.Pd dari UIN Alauddin Makassar, Rahmawati, S.Pd dan Dra.Nurjawahira dari MTs Negeri Model Makassar). Lokasi penelitian bertempat di MTsN Model Makassar.

“Untuk mengoptimalkan pelaksanaan PTK ini, kami sebagai dosen melakukan pendampingan kepada guru matematika MTsN Model Makassar dua kali seminggu selama pelaksanaan PTK berlangsung. Harapan kami agar guru-guru dapat menyelesaikan masalah-masalah di kelas atau di sekolah dan terampil melaksanakan PTK. Kami sebagai dosen mengapresiasi kegiatan PTK ini. Melalui PTK, sangat diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran di kelas yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan.”

Adapun judul PTK TIM Matematika Sul-Sel adalah Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write Pada Siswa Kelas VIII1 MTsN Model Makassar. Pelaksanaan PTK ini berlangsung sejak bulan Oktober 2014 dan rencananya hasil temuan dari kegiatan ini akan dipublikasikan pada lokakarya nasional pada tanggal 9-11 Juni 2015 yang akan dihadiri oleh 1 dosen dan 1 guru dari setiap TIM.