HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar Sukses Gelar Kegiatan ARITMATIKA Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan–Barat

  • 10 Oktober 2022
  • 12:49 WITA
  • Administrator
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar sukses gelar kegiatan Ajang Kreativitas Matematika (ARITMATIKA) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan – Barat di kampus 2 UIN Alauddin yang berada di Samata, Gowa, Minggu (9/10/2022)

Kegiatan ARITMATIKA ini dilaksanakan mulai tanggal 8 – 9 Oktober 2022. Rangkaian kegiatan ini diikuti oleh 21 kabupaten pada tingkat SMP dan SMA yang berada di provinsi Sulawesi Selatan dan Barat.

Pada tingkat SMP/SLTP, juara 1 diraih oleh SMP Islam Athirah 1 Makassar, juara 2 diraih SMP Islam Athira Bone, sementara juara 3 diraih oleh SMP Islam Athira 2 Makassar dan SMPN 6 Makassar. Sementara pada tingkatan SMA/SLTA, SMA 5 Gowa berhasil meraih juara 1, SMA Athirah Bone raih juara 2, SMA 5 Gowa dan SMA 1 Polman meraih juara 3.

Ketua HMJ pendidikan matematika, Ahmad Sazky Naharullah, mengungkapkan bahwa kegiatan Ajang Kreatifitas Matematika ini bukan sekedar mencari pemenang. Namun, lebih kepada mengasah dan mempertajam kemampuan pelajar di bidang matematika.

“Harapan kami setelah terselenggaranya ARITMATIKA ini, semoga ajang ini dapat meningkatkan jiwa kompetitif dan siswa semakin tertarik mengembangkan minat dan bakatnya di bidang matematika dan juga semoga kegiatan ARITMATIKA kedepannya tetap berlanjut tentu dengan penuh inovasi.” tambahnya saat diwawancarai. 

Pada waktu yang bersamaan, HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin bukan hanya melaksanakan kegiatan ARITMATIKA. Namun, dirangkaikan juga dengan kegiatan seminar pendidikan dikhususkan untuk guru-guru pendamping.

Sementara itu, Nursalam, Ketua jurusan pendidikan Matematika mengungkapkan bahwa kegiatan ARITMATIKA 2022 diharapkan menjadi ajang penyaluran bakat dan minat para peserta didik dalam bidang matematika. Selain itu, menjadi wadah untuk memasyarakatkan matematika, dan tak kalah pentingnya juga adalah mengenalkan prodi pendidikan matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar kepada masyarakat.


Source: Tim Redaksi Prodi Pendidikan Matematika