PMT-Online. Fitriah Islamiah, mahasiswi angkatan 2020 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar berhasil meraih gelar Sarjana Pendidikan dengan skripis yang berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA Madani Alauddin”. Gelar ini diraih setelah berhasil mempertahankan skripsi dihadapan dewan penguji pada ujian munaqasyah yang berlangsung di Ruang Prodi Pendidikan Matematika pada Jumat, 21 Februari 2025.
Penelitian yang dilakukan Fitriah Islamiah bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam penerapan model kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran matematika di Madrasah Aliyah, untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran matematika di Madrasah Aliyah, dan untuk mengetahui dampak dari hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran matematika.
Hasil penerapan model pembelajaran NHT di kelas X MA Madani yaitu sebagaian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap model NHT yang tercermin dari skor rata-rata yang cukup tinggi (65,61) dan mayoritas siswa berada pada kategori tinggi (35,71). Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model NHT memiliki skor rata-rata (67,57) dengan sebagian besar siswa berada pada kategori sangat tinggi (25%), diikuti kategori tinggi (21,43%) ini menunjukkan sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik. Penerapan model NHT memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan koefisien determinasi sebesar 0,543 yang menunjukkan bahwa 54,3% variabilitas dalam kemampuan berpikir kritis siswa dapat dijelaskan oleh penerapan model NHT.
Temuan ini bukan hanya sebuah prestasi akademik semata, melainkan juga menjadi landasan penting bagi pengembangan dalam bidang Pendidikan Matematika. Dengan temuan ini, pendidik, guru, dan peneliti Pendidikan Matematika memiliki panduan berharga untuk Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Semoga hasil penelitiannya menjadi sumber inspirasi bagi para pendidik dan peneliti pendidikan lainnya untuk terus berupaya meningkatkan kualitas Pendidikan Matematika di Indonesia dan di seluruh dunia.
Penulis: Dr. Nur Yuliany, M.Si
Editor: Rudianto