PMT-Online. Sri Fauzira, mahasiswi angkatan 2020 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar berhasil meraih gelar Sarjana Pendidikan dengan skripis yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi pada Materi Operasi Aljabar sebagai learning exercise bagi siswa SMPN 1 Langgudu”.
Penelitian yang dilakukan Sri Fauzirah bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis Game edukasi pada materi Operasi Aljabar sebagai learning exercise peserta didik dan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi pada materi operasi aljabar sebagai learning exercise pesesta didik kelas VII SMP Negeri 1 Langgudu.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi pada materi operasi aljabar sebagai leaning exercise peserta didik yang meliputi tahap (Analysis), tahap (Design), tahap (Development), tahap (Implementation) dan tahap (Evaluation). Kualitas media pembelajaran berbasis game edukasi pada materi operasi aljabar sebagai leaning exercise peserta didik. Dlihat dari validasi oleh tim validator adalah 3.71 dengan kategori sangat valid. Kriteria kepraktisan diperoleh berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran adalah 1.89 dengan kategori terlaksana seluruhnya dan hasil respon guru terhadap media pembelajaran memberikan respon sangat positif dengan rata-rata adalah 97.92%. Hasil dari kriteria keefektifan diperoleh berdasarkan hasil analisis observasi aktivitas peserta didik yaitu 72.18% dengan kategori baik, respon peserta didik terhadap media pembelajaran memberikan respon positif dengan presentase rata-rata 85.55% dan untuk tes hasil belajar menunjukkan 19 dari 25 peserta didik berada pada kategori tuntas dengan persentase 76% yang berada pada kriteria baik sehingga hasil pengukuran untuk kriteria keefektifan terpenuhi dan media pembelajaran ini dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.
Hasil pengembangan ini bukan hanya sebuah prestasi akademik semata, melainkan juga menjadi landasan penting bagi pengembangan dalam bidang Pendidikan Matematika. Dengan temuan ini, pendidik, guru, dan peneliti Pendidikan Matematika memiliki panduan berharga untuk pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi pada materi Operasi Aljabar. Diharapkan hasil penelitiannya menjadi sumber inspirasi bagi para pendidik dan peneliti pendidikan lainnya untuk terus berupaya meningkatkan kualitas Pendidikan Matematika Tingkat nasional dan internasional.
Penulis: Dr. Nur Yuliany, M.Si
Editor: Rudianto, S.Pd