Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

  • 04 September 2024
  • 07:16 WITA
  • Administrator
  • Berita

PMT-Online. Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Prodi Pendidikan Matematika dilaksanakan secara luring pada tanggal 04 September 2024, di Ruang R3.01 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, diawali dengan registrasi PBAK Prodi Pendidikan Matematika oleh mahasiswa baru, lalu mahasiswa baru dipersilahkan masuk dan duduk di ruangan. PBAK Prodi Pendidikan Matematika dibuka oleh Ketua Prodi Pendidikan Matematika Bapak Dr. Nursalam, M.Si. 

Budaya akademik merujuk kepada nilai, norma, dan etika yang mengatur interaksi antara civitas akademika dosen, mahasiswa, dan staf dalam lingkungan pendidikan. Dalam konteks Prodi Pendidikan Matematika, budaya akademik mencakup pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip pendidikan matematika yang berkualitas, kolaborasi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penekanan nilai-nilai pendidikan adalah dengan mendorong untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah matematika, kolaborasi antar mahasiswa dalam belajar dan penelitian, sekaligus menjalin hubungan yang baik dengan dosen, serta menghargai karya cipta orang lain, mencegah plagiarisme, dan mempertahankan integritas akademik.

Pada kegiatan PBAK ini, mahasiswa baru juga diperkenalkan penggunaan Aplikasi Lentera (Learning Center Area) oleh Ketua GPM Prodi Pendidikan Matematika Ibu Suharti, S.Pd., M.Pd. Lentera adalah sistem e-learning atau pembelajaran daring yang dikembangkan oleh UIN Alauddin Makassar. Lentera dirancang dengan model virtual class untuk membantu dosen mengajar dan memudahkan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Untuk masuk ke dalam Lentera, mahasiswa dapat menggunakan akun Portal Akademik, sedangkan dosen dapat menggunakan Akun Dosen. Lentera UIN Alauddin Makassar adalah program yang dikelola oleh UIN Alauddin Makassar. Lentera sebagai aplikasi pembelajaran online berbasis moodle yang dirancang dengan model virtual class untuk membantu dosen mengajar dan memudahkan mahasiswa dalam proses perkuliahan. 

Diharapkan dengan adanya PBAK Prodi Pendidikan Matematika menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran dan pengembangan diri, menyiapkan mahasiswa untuk menjadi pendidik yang tidak hanya menguasai materi matematika, tetapi juga memiliki kemampuan pedagogis yang baik. Dengan demikian, mereka dapat berkontribusi secara positif dalam dunia pendidikan.


Penulis : Dr, Nur Yuliany, M.Si

Editor : Rudianto