PMT- Online. Andi Nabilah Ridwan dan Ufik Sapitri,
mahasiswi angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Alauddin Makassar berhasil meraih gelar Sarjana Pendidikan
setelah berhasil mempertahankan skripsi dihadapan dewan penguji pada ujian
munaqasyah. Gelar ini secara resmi disematkan setelah melalui proses yudisium yang
berlangsung di ruang Prodi Pendidikan Matematika pada Kamis, 14
Desember 2023.
Penelitian yang dilakukan Andi Nabilah Ridwan bertujuan untuk mengetahui kemampuan
berpikir kreatif matematis ditinjau dari kecemasan matematika peserta didik SMA
Negeri 8 Bulukumba kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik
dengan kecemasan matematika dengan kategori rendah, sedang, tinggi dapat mencapai indikator kemampuan berpikir
kreatif matematis dengan maksimal.
Sedangkan
penelitian yang dilakukan Ufik Sapitri bertujuan untuk mengetahui efektivitas
penerapan model pembelajaran Problem Based Learning cukup efektif untuk
meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran problem based learning cukup efektif untuk meningkatkan
kemampuan literasi matematis siswa.
Dengan temuan ini, para pendidik dan tenaga kependidikan, serta peneliti dalam
bidang Pendidikan Matematika memiliki panduan berharga untuk mengadopsi model
pembelajaran Problem Based Learning. Ini juga
menciptakan peluang untuk terus mengembangkan strategi pembelajaran yang
inovatif umtuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sehingga
pendidikan matematika di Indonesia dapat menjadi lebih relevan dan sesuai
dengan kebutuhan abad ke-21.
“Ucapan terima kasih kepada kedua orang tua, keluarga,
pembimbing dan penguji, serta semua pihak yang terlibat dan membantu saya dalam
proses ini,” ungkap Andi
Nabilah Ridwan dan Ufik Sapitri.
Gelar Sarjana yang diraih Andi Nabilah Ridwan dan Ufik Sapitri
merupakan awal
dari perjalanan panjang dalam berkontribusi terhadap dunia Pendidikan
Matematika. Semoga hasil penelitiannya menjadi sumber inspirasi bagi para
pendidik dan peneliti pendidikan lainnya untuk terus berupaya meningkatkan
kualitas Pendidikan Matematika di Indonesia dan di seluruh dunia.
Penulis:
Dr. Nur Yuliany, M.Si &
Badaruddin Amin
Editor: Rudianto