Raih Gelar Sarjana, Nurul Asima Garap Skrispi tentang Kemampuan Representasi Matematis Siswa

  • 03 November 2023
  • 01:46 WITA
  • Administrator
  • Berita

PMT- Online. Nurul Asima, mahasiswi angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar berhasil meraih gelar Sarjana Pendidikan dengan skripis yang berjudul “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Negeri 11 Bulukumba”. Gelar ini diraih setelah berhasil mempertahankan skripsi dihadapan dewan penguji pada ujian munaqasyah yang berlangsung di ruang Prodi Pendidikan Matematika pada Kamis, 2 November 2023.

Penelitian yang dilakukan Nurul Asima bertujuan: (1) untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. (2) untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. (3) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. (4) untuk mengetahui keefektivitan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining efektif terhadap kemampuan represetasi matematis siswa kelas XI SMAN 11 Bulukumba. 

Hasil penelitian yang diperoleh oleh Nurul Asima menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining adalah pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 11 Bulukumba. Temuan ini bukan hanya sebuah prestasi akademik semata, melainkan juga menjadi landasan penting bagi pengembangan dalam bidang Pendidikan Matematika.

Dengan temuan ini, pendidik, guru, dan peneliti Pendidikan Matematika memiliki panduan berharga untuk mengadopsi model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Ini juga menciptakan peluang untuk terus mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif, sehingga pendidikan matematika di Indonesia dapat menjadi lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan abad ke-21.

Meskipun sempat mengeluh dan merasa bahwa skripsi menjadi tugas yang paling berat selama kuliah, namun Nurul Asima mengaku banyak mendapat pelajaran dan pengalaman berharga selama menjalani proses tersebut.

“Ketika saya menjalani proses pengerjaan skripsi, ternyata hal ini membuat saya lebih banyak membaca dan belajar, serta meningkatkan produktivitas kerja otak saya.” Tutur Nurul Asima.

Selain itu, Nurul Asima merasa bersyukur dan mengungkapkan bahwa dirinya banyak mendapatkan bantuan dan dukungan selama proses penyelesaian tugas akhir.

“Ucapan terima kasih kepada kedua orang tua, keluarga, pembimbing dan penguji, serta semua pihak yang terlibat dan membantu saya dalam proses ini,” ungkap Nurul Asima.

Gelar Sarjana yang diraih Nurul Asima adalah awal dari perjalanan panjang dalam berkontribusi terhadap dunia Pendidikan Matematika. Semoga hasil penelitiannya menjadi sumber inspirasi bagi para pendidik dan peneliti pendidikan lainnya untuk terus berupaya meningkatkan kualitas Pendidikan Matematika di Indonesia dan di seluruh dunia.

Penulis: Dr. Nur Yuliany, M.Si & Badaruddin Amin

Editor: Rudianto