Kuliah Umum HMJ Pendidikan Matematika dengan Tema 'Metodologi Riset' oleh Assoc. Prof. Dr. Nangkula Utaberta

  • 03 Juli 2021
  • 12:37 WITA
  • Administrator
  • Berita

HMJ Pendidikan Matematika menggelar kuliah umum untuk seri 1 bertajuk 'Metodologi Riset' yang dilaksanakan secara daring pada pukul 07.00 WIB atau 08.00 WITA pada Sabtu, 3 Juli 2021 via zoom.

Assoc. Prof. Dr. Nangkula Utaberta sebagai pemateri menyajikan materi tersebut dengan sangat luar biasa. Materi yang disajikan pun dikemas dengan ringan sehingga meskipun kegiatan tersebut dilakukan secara daring, kegiatan ini tetap berjalan dengan khidmat. Hal itu dapat dilihat dari keaktifan para peserta dalam menanggapi materi yang disampaikan.

Dalam riset, kendala umum yang biasanya dijumpai oleh banyak orang adalah ‘bagaimana mendapatkan ide yang bagus?’, atau ‘bagaimana memulai suatu riset?’. Nah selaras dengan hal tersebut, Pemateri memberikan pandangannya yaitu dengan mengetahui topik masalah yang akan kita angkat. Di samping mengetahui permasalahan, hal yang patut dilakukan oleh seorang peneliti adalah meluaskan bahan bacaannya, baik itu sumbernya dari buku, artikel, jurnal, maupun fakta-fakta sosial yang terjadi di lapangan.

“Dalam memulai riset, kendala yang seringkali muncul yaitu menemukan ide. Padahal untuk mendapatkan ide, kita harus kuat dari segi bacaan. Ide pun dapat kita ambil dari permasalahan yang terjadi baik dari hasil membaca artikel atau dari desas-desus lainnya yang hadir di masyarakat” Ucapnya.

Meriset adalah kegiatan yang harus dilakukan dengan penuh kejelian terhadap fakta-fakta yang ada. Bukan hanya mampu menguliti suatu permasalahan tapi juga mampu memberikan solusi yang relevan. Sering para peneliti yang melakukan riset hanya berkutat pada bidang disiplin ilmu yang ia geluti saja, padahal isu kadang datang di luar bidang kita. Bukan hanya itu, kesalahan umum yang sering terjadi utamanya di Indonesia yaitu memunculkan topik permasalahan yang sudah sering dikaji dengan gaya yang serupa.

“Sebagai contoh tema yang sering diangkat adalah 'Sustainable Development' atau pembangunan berkelanjutan. Di luar negeri topik ini sudah muncul pada era tahun 80-an, tentu banyak sekali riset yang berkaitan dengan hal itu. Sekalipun konsep tersebut sudah umum namun jika mampu menghadirkan masalah yang lebih luas mengenai tema yang akan diangkat, hal itu tetap saja menarik. Misalnya adalah mencoba menghubungkan antara tradisi masyarakat dengan sustainable development” tambahnya.

Sebelum Pemateri mengakhiri kuliahnya ia menyampaikan beberapa poin yang harus diperhatikan ketika memulai menyelami dunia riset. “Riset itu tidaklah susah untuk dilakukan. Hal penting yaitu mampu memahami manfaat penelitian untuk diri dan masyarakat. Beberapa hal yang harus diingat pertama adalah bidang riset yang diambil sesuai dan mendukung perencanaan masa depan. Kedua adalah buat yang disukai. Terakhir adalah memilih topik yang ada datanya” tutupnya.

Dengan hadirnya kegiatan perkuliahan ini mengenai topik utama 'riset' diharapkan dapat menjadi wadah, utamanya bagi peneliti muda Indonesia untuk lebih memahami bagaimana memulai riset, menemukan permasalahan, mengetahui tujuan melakukan suatu riset, dan bahkan dapat memahami dampak setelah melakukan riset.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini bukan hanya memberikan kuliah umum semata, tetapi pada kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan dari HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar yaitu SEARCHMCCA (Southeast Asia Student Research Competition on Mathematics Education) yang bekerja sama dengan SEAAM. Kegiatan SEARCHMACCA ini merupakan lomba karya tulis ilmiah yang dapat diikuti oleh seluruh kalangan Mahasiswa/i seluruh Asia Tenggara.

Ahmad Sazky Naharullah selaku ketua panitia SEARCHMACCA, menyampaikan bagaimana sistem pendaftaran dan apa saja persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti kegiatan SEARCHMACCA ini serta mengajak para peneliti muda untuk lebih bisa mengembangkan tulisannya dengan mengikuti kegiatan yang bergengsi ini. Untuk mengetahui lebih lanjut kegiatan lomba karya tulis ilmiah ini silahkan membuka Web Prodi Pendidikan Matematika FTK UINAM pada link berikut http://pmt.ftk.uin-alauddin.ac.id dan akun media sosial (Instagram) HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar di @hmj.pmtk_uinam


Penulis: Saina Said