Badaruddin Amin, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika meraih Juara 1 LKTI dalam Rangka Dies Natalis ke-57 UIN Alauddin Makassar

  • 14 November 2022
  • 12:57 WITA
  • Administrator
  • Berita

PMT FTK UINAM-Online. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar pada tanggal 11 November 2022 memperingati ulang tahun yang ke-57 tahun. Dalam rangka kegiatan milad tersebut, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Porseni FTK UIN Alauddin Makassar yang memperlombakan beberapa kegiatan diantaranya Lomba Tenis Meja untuk Putra dan Putri, Lomba Catur Putra dan Putri, serta Lomba Karya Tulis Ilmiah antar Mahasiswa se Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan, Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika mengambil peran sebagai peserta dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan. Pada Lomba Karya Tulis Mahasiswa, Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika atas nama Badaruddin Amin Mahasiswa Prodi Pendidikan matematika angkatan 2020 berhasil meraih juara I dengan mengangkat judul strategi revitalisasi nilia-nilai moderasi beragama melalui Program Smart Syiar berbasis Media Sosial di Era Society 5.0. Dalam kajiannya disajikan bahwa Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era society 5.0 membuat berbagai dimensi kehidupan harus mampu melakukan transformasi agar eksistensinya tetap terjaga. Salah satunya adalah dalam bidang keagamaan yang harus melakukan revitalisasi nilai-nilai moderasi beragama agar tidak tergerus oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat. Oleh karena itu, lahirlah program smart syiar berbasis media sosial yang menjadi sebuah alternatif khusus dalam revitalisasi moderasi beragama di era society 5.0. Strategi revitalisasi ini dilakukan melalui media sosial dengan membuat berbagai konten-konten terkait moderasi beragama dengan melibatkan pemerintah, para tokoh agama, influencer sampai generasi muda untuk ikut terlibat dalam menggalakkan konsep moderasi beragama. Dengan ini diharapkan dimensi kehidupan beragama di Indonesia dapat mencapai keseimbangan sehingga akan memunculkan nuansa kehidupan yang harmonis antar umat beragama.

Menurut Badaruddin kegiatan ini memberikan kesan khusus karena menjadi kesempatan baginya untuk mengekspresikan minat dalam hal kepenulisan dan menjadi sebuah pengalamn berharga untuk pengembangan diri kedepan. Kegiatan Porseni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ditutup oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Dr. H. A. Marjuni, M.Pd.I. dalam sambutannya beliau berharap agar Mahasiswa FTK meningkatkan kompetensi baik dalam bidang akademik maupun non akademik, dan agar kedepannya dapat bersaing pada level-level yang lebih tinggi, baik tingkat Universitas, Wilayah, Nasional, maupun Internasional. (Tim Media Prodi PMAT FTK UINAM)