Ketua Prodi dan Operator ikuti Sosialisasi Merdeka Belajar PTKI (MERPATI)

  • 01 November 2023
  • 07:34 WITA
  • Administrator
  • Berita

PMT Online – UIN Alauddin Makassar dalam rangka mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melakukan sosialisasi Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang disingkat dengan merpati melalui aplikasi merpati.kemenag.go.id.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Alauddin Makassar dalam hal ini Prof. Dr. H. Kamaluddin Abunawas, M.Ag. Dalam sambutannya Prof Kamal menyampaikan pentingnya implementasi MBKM bagi seluruh prodi yang ada di UIN Alauddin Makassar. Beliau dalam sambutannya mengharapkan agar seluruh prodi dapat menawarkan mata kuliah yang di masukkan pada program MBKM yang dapat diikuti oleh prodi lain dalam lingkup UIN Alauddin Makassar atau juga mahasiswa dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri lainnya di Indonesia.

Dalam sosialiasasi aplikasi merpati, sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Alauddin Makassar menjadi fasilitator yang mengarahkan seluruh Kaprodi dan Operator Prodi untuk menginput mata kuliah yang akan di masukkan dalam program MBKM. Hadir dalam kegiatan ini seluruh Ketua Prodi dan Operator.

Dalam situs merpati ini diuraikan bahwa ada 9 program MBKM yang ditawarkan oleh kementerian agama yaitu pertukaran mahasiswa, magang/praktik kerja, asistensi mengajar, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi/proyek independent, mambangun desa/KKN tematik, dan moderasi beragama. (NSB)


Gambar: Bentuk-bentuk kegiatan MBKM PTKI