Babak Final Lomba Karya Tulis Ilmiah SEARCHMACCA 2021 Se-Asia Tenggara FTK UINAM

  • 13 November 2021
  • 07:33 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sabtu (13/11/2021), HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar telah melaksanakan kegiatan babak final LKTI SEARCHMACCA 2021. Sebelumnya telah dilakukan beberapa tahap awal dari lomba karya tulis ilmiah ini, mulai dari tahap pendaftaran peserta, pengumpulan abstrak, pengumpulan full paper, hingga pengumuman lima besar yang lolos ke babak final.

Perlu diketahui bahwa SEARCHMAACCA 2021 merupakan program dari HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar yang merupakan sebuah ajang perlombaan karya tulis ilmiah yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Se-Asia Tenggara dari berbagai jurusan. Kegiatan ini dilaksanakan secara online yang diselenggarakan melalui aplikasi Zoom Meeting Cloud. Pembukaan babak final ini khususnya dihadiri pula oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINAM yaitu Dr. H. A. Marjuni. S.Ag., M.Pd.I., Ketua Jurusan Pendidikan Matematika FTK UINAM yaitu Bapak Nursalam, S.Pd., M.Si., dan Ketua Umum HMJ Pendidikan Matematika UINAM periode 2021/2022. 

Kegiatan babak final ini dibuka dengan beberapa sambutan mulai dari Ketua Panitia hingga Ketua Umum dari HMJ Pendidikan Matematika UINAM. Sambutan pertama oleh Ahmad Sazky Naharullah selaku ketua panitia kegiatan SEARCHMACCA 2021, ia mengucapkan terima kasih kepada semua peserta tim yang sudah mengikuti kegiatan LKTI dan lolos hingga tahap final.

Sambutan kedua oleh Dekan FTK UINAM yaitu Bapak Dr. H. A. Marjuni. S.Ag., M.Pd.I sekaligus membuka acara tersebut. Selanjutnya sambutan dari Ketua Umum HMJ Pendidikan Matematika yaitu Ahmad Rifky Ridha yang juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari semua peserta yang telah mengikuti kegiatan SEARCHMACCA 2021. Sambutan terakhir oleh Ketua Jurusan Pendidikan Matematika yaitu Bapak Nursalam S.Pd., M.Si., beliau mengharapkan bahwa karya tulis ilmiah ini, tidak hanya digunakan hingga babak final saja, namun dapat terus dimanfaatkan sebagai solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan di tengah masyarakat serta dapat menjadi masukan yang berarti bagi pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan khususnya di bidang sosial ekonomi seperti tema yang diusung oleh LKTI tahun ini.

Setelah pemberian sambutan, maka dilanjutkan dengan presentasi hasil karya tulis ilmiah dari kelima tim dan setelahnya dilakukan sesi tanya jawab. Terdapat tiga juri yang dipercaya untuk menilai dan memberikan beberapa pertanyaan kepada para finalis. Ketiga juri tersebut adalah dosen dari Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar yakni Ibu Lisnasari Andi Mattoliang, S.Pd., M.Pd., Bapak Ahmad Farham Majid, S.Pd., M.Pd., dan Ibu Andi Kusumayanti, S.Pd., M.Pd.

Setelah semua tim melakukan presentasi, maka berakhirlah kegiatan babak final. Sebelum ditutup terdapat sesi foto bersama panitia, peserta, serta seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Untuk pengumuman pemenang babak final LKTI SEARCHMACCA 2021 akan diumumkan pada Ahad, 14 November 2021.


Source: Panitia Pelaksana