Kuliah Umum Sesi 2 “Bagaimana Menulis Proposal Riset” oleh Assoc. Prof. Dr. Nangkula Utaberta

  • 10 Juli 2021
  • 12:33 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sabtu, (10/07/2021), telah dilaksanakan kuliah umum 2 dengan menyusun tema seri kuliah metodologi riset. Acara ini berlangsung pada pukul 08.00 WITA sampai 09.30 WITA. Pelaksanaan kuliah umum ini berlangsung lancar walaupun dilaksanakan secara vitual atau daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan kuliah umum ini adalah program dari HMJ Pendidikan Matematika yang dilaksanakan setiap seminggu sekali. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh HMJ Pendidikan Matematika yaitu SEARCHMACCA (Lomba Karya Tulis Ilmiah) dan ARITMATIKA (Lomba Matematika Nasional).

Pada kuliah umum kali ini menghadirkan pemateri dari IAI, Architecture Department, Faculty of Civil Engineering, University Tun Hussein Malaysia (UTHM) yakni Assoc. Prof. Dr. Nangkula Utaberta yang dipandu oleh Dr. Ismail Suardi Wekke (Scientific Committee SEAAM) sebagai moderator.

Sebelumnya telah dilaksanakan kuliah umum 1 yang dibawakan oleh pemateri yang sama dengan membahas “Bagaimana Memulai Riset dan Memilih Topik”, dan sekarang di kuliah umum 2 membawakan materi tentang “Bagaimana Menulis Proposal Riset”. 

Kegiatan ini berlangsung dengan dua sesi, sesi pertama yaitu penyampaian materi oleh Assoc. Prof. Dr. Nangkula Utaberta dan sesi selanjutnya yaitu tanya jawab.

Sebelum menyampaikan materinya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada HMJ Pendidikan Matematika UINAM karena telah diberi kesempatan untuk menjadi pembicara pada seri kuliah umum ini.

Pada materi yang disampaikan tentang bagaimana menulis proposal riset, beliau banyak memberikan ilmu dan wawasan baru terkait pengenalan awal proposal riset, organisasi proposal penelitian, serta bagaimana menulis proposal riset dengan baik.

Pemateri mengatakan bahwa “materi kali ini lebih detail dari materi kuliah umum sebelumnya, dan proposal riset ini untuk tingkat S2 dan S3, riset proposal sangat penting dan formatnya itu lebih detail” ujarnya.

Di akhir kegiatan, peserta yang hadir dan pemateri saling berdiskusi baik itu mengenai tema yang dibawakan maupun pembahasan di luar tema. Tidak lupa HMJ Pendidikan Matematika sebelum mengakhiri kegiatan, untuk tetap memperkenalkan program SEARCHMACCA dan ARITMATIKA.


Source: HMJ Pendidikan Matematika