SEARCHMACCA 2020!! HMJ Pendidikan Matematika dan SEAAM Launching LKTI se-Asia Tenggara

  • 15 Agustus 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Makassar (PMAT online) - Launching “SEARCHMACCA 2020” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika bekerja sama dengan SEAAM dilaksanakan di Hotel Harper, Kota Makassar dan juga secara daring melalui aplikasi Zoom. Sabtu, 15 Agustus 2020.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Se-Asia Tenggara atau Southeast Asia Student Research Competition on Mathematics Education (SEARCHMACCA), mengusung tema, “Mathematics Innovations of Golden Generation in a New Era of Knowledge and Technology”. Kegiatan ini akan berlangsung hingga awal Desember 2020. Beberapa kegiatan sebelumnya telah terlaksana dalam upaya memperkenalkan SEARCHMACCA termasuk mengadakan latihan kepenulisan khususnya yang terkait dengan kajian penelitian di bidang matematika dan juga telah dilaksanakan kuliah umum dengan mengundang dosen dari Leinchester.

Southeast Asia Student Research Competition on Mathematic Education atau SEARCHMACCA ini merupakan lomba karya tulis ilmiah tingkat mahasiswa se-Asia Tenggara yang terbuka tidak hanya untuk jurusan Pendidikan Matematika akan tetapi terbuka umum semua disiplin ilmu.

Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Nursalam, S.Pd., M.Si., dalam sambutannya pada launching tersebut mengemukakan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan Mahasiswanya yang terlibat dalam lomba bertaraf internasional ini.

“Ini adalah sebuah kehormatan bagi kami khususnya di Prodi Pendidikan Matematika dengan pelibatan para mahasiswa kami untuk turut ikut serta di dalam kegiatan LKTI antar mahasiswa se-Asia Tenggara (SEARCHMACCA) yang sifatnya internasional ini”, kata Nursalam.

Sementara itu, Ketua HMJ Pendidikan Matematika FTK UIN Alauddin Makassar, Akmal Riswandi menjelaskan bahwa terdapat satu program kerja besar dari himpunan yang tiap tahun diadakan, yakni ARITMATIKA se-Sulselbar. Namun, karena pemerintah tidak mengizinkan adanya kegiatan serupa disebabkan oleh pandemi ini, maka mereka berinisiatif untuk mengadakan kegiatan yang lain. “Oleh karena itu, hadirlah SEARCHMACCA ini yang merupakan kegiatan pertama kalinya diadakan se-Asia Tenggara,” ungkap Akmal.

Acara ini juga dihadiri oleh Ismail Suardi Wekke dari Komite Saintifik SEAAM, Sekjend IKAHIMATIKA (Wil. VI), serta Ahmad Muzawwir Saleh selaku Sekretaris Dewan Eksekutif mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Semua pihak sangat mengapresiasi kegiatan ini. Meskipun saat ini masih dalam suasana pandemi dengan segala keterbatasannya namun, HMJ Pendidikan Matematika bekerja sama dengan SEAAM berhasil menggagas kegiatan lomba bertaraf internasional. Harapannya agar kegiatan ini berlangsung dengan sukses dan dapat menelurkan karya-karya ilmiah yang tentunya berkaliber internasional.


Penulis: Tim Redaksi Prodi Pendidikan Matematika