Agenda Persiapan Akreditasi Prodi Pendidikan Matematika

  • 23 Januari 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Akreditasi merupakan tuntutan bagi Perguruan Tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi yang dikelolanya, yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN-PT. Berdasarkan Permenristekdikti No. 32 Tahun 2016 tentang Akreditasi Prodi dan PT, maka BAN-PT mengembangkan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi 2018, yang secara singkat ditulis IAPS 4.0. Perubahan signifikan pada IAPS 4.0 ini menggunakan 9 kriteria yang pada instrumen penilaian sebelumnya hanya 7 kriteria. Untuk mempersiapkan hal tersebut Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar telah membentuk tim penyusunan borang akreditasi. Berbagai rapat dan pertemuan telah dilakukan dengan berbagai pihak terkait guna mempersiapkan akreditasi yang dalam waktu dekat akan dilalui oleh Program Studi Pendidikan Matematika.

Beberapa bulan sebelumnya Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Nursalam, S.Pd., M.Si telah melakukan rapat dengan agenda pembagian tugas dengan membentuk tim penyusun dengan menyesuaikan keahlian masing-masing tim dengan kriteria yang ada di dalam Borang Akreditasi Program Studi. Pada rapat tersebut masing-masing tim mulai menelaah setiap kriteria yang menjadi tugasnya. Meskipun kriteria dan tim penyusunnya berbeda namun setiap kriteria tersebut saling berhubungan satu dengan lainnya. Sehingga setiap tim harus senantiasa bekerjasama agar data dari setiap kriteria dapat sinkron. Selain itu rapat juga membahas strategi pencapaian sasaran dengan rentang waktu yang jelas serta harus disesuaikan dengan bukti/dokumen sehingga isi tulisan dalam setiap kriteria sesuai dengan fakta yang ada. Seusai rapat tim yang telah dibentuk segera melakukan pengumpulan data dan dokumen-dokumen yang berkenaan dengan persiapan akreditasi yang telah dibahas sebelumnya. Selanjutnya rapat dan pertemuan antara pimpinan Program Studi dan tim penyusun borang menjadi agenda rutin guna memantau perkembangan dan keselarasan data tiap kriteria.

Selain membentuk tim penyusun borang, pimpinan Program Studi Pendidikan Matematika juga aktif melakukan koordinasi dengan Pimpinan Fakultas dengan melakukan berbagai kegiatan yang mendukung penyusunan borang. Rapat koordinasi penyamaan persepsi telah dilakukan dengan menghadirkan seluruh Ketua dan Sekretaris prodi dalam lingkup Fakultas Tarbiyah dan Keguruan duduk bersama dengan Pimpinan Fakultas untuk membahas penyusunan borang akreditasi prodi menggunakan IAPS 4.0 dengan 9 kriteria. Selain itu juga telah dilaksanakan FGD dalam rangka penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas dan Prodi pada tanggal 6 sampai 7 desember 2019. Semua hal tersebut dilakukan agar borang akreditasi dapat dirampungkan dengan hasil yang terbaik.

Dalam beberapa bulan terakhir ini tim penyusun borang Prodi Pendidikan Matematika telah menyelesaikan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) mengikuti instrumen 9 kriteria. Langkah selanjutnya yang menjadi perhatian utama tim penyusun adalah merampungkan penyusunan Lembar Evaluasi Diri (LED). Tentu saja penyusunan borang ini dapat diselesaikan jika disertai kerjasama yang baik dari semua pihak sehingga dukungan dan juga doa senantiasa diharapkan agar hasil yang kelak diperoleh sesuai dengan harapan.

 

Penulis: Dewan Redaksi PMAT