Aritmatika 2019 Dibuka!!! Lomba Matematika se-Sulselbar dan Seminar Nasional

  • 28-10-2019
  • 08:27 WITA
  • admin_pmt
  • Berita

Samata (Gowa) - Acara pembukaan “Aritmatika 2019” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Matematika dilaksanakan di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar. Sabtu, 26/10/2019.

Mengusung tema, “Mengeksplorasi Kemampuan Matematika untuk Mewujudkan Generasi yang Edukatif, Kompetitif, Berkarakter, dan Berintegritas Bersama Aritmatika”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu sampai Ahad, 26 - 27 Oktober 2019 di gedung FTK dan Aula FEBI UIN Alauddin Makassar. Didukung antara lain Tribun News, Compak Sulsel, dan beberapa lembaga terkait lainnya.

Terdapat dua rangkaian acara dalam kegiatan ini yaitu lomba matematika se-Sulselbar dan Seminar Nasional. Kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua Prodi/Jurusan Pendidikan Matematika Nursalam, S.Pd., M.Si. Kegiatan Seminar Nasional menghadirkan pemateri dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia yakni Jasmir, S.Pd., M.Si dan Direktur Sakiala Learning Center Hadi Kasmaja DS, S.Pd., M.Pd., CH., CHt.

Ketua Panitia, Muhammad Baqi mengatakan, kegiatan tahunan HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin ini diikuti sebanyak 68 tim pada tingkat SMP/MTs sederajat dan 72 tim SMA/MA sederajat.

“Tim-tim tersebut adalah hasil seleksi dari 25 kabupeten/kota se-Sulselbar,” ujarnya, Ahad (26/10/2019).

Sementara itu, Ketua HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar, Fahmi mengungkapkan, ajang ini diselenggarakan untuk menggali minat dan bakat siswa.

“Tujuan dari kegiatan ini tergambarkan pada tema kegiatan yakni mengeksplorasi kemampuan matematika untuk mewujudkan generasi edukatif, kompetitif, berkarakter, dan berintegrasi bersama Aritmatika,” katanya.

Ketua Prodi/Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin, Nursalam S Bintang sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswanya. Ia berharap, melalui kegiatan ini, jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin bisa lebih dikenali siswa dan jadi kampus tujuan saat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Acara pembukaan berlangsung dengan sangat meriah. Perwakilan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika mempersembahkan tarian daerah yang memukau hadirin. Setelah acara pembukaan berlangsung kegiatan dilanjutkan ke agenda berikutnya yakni Seminar Nasional dan babak penyisihan lomba matematika.

 

Source: Ahmad Farham Majid (Humas Prodi Pendidikan Matematika)