Direktur PTKI Lantik Asosiasi Dosen dan Prodi Matematika PTKI

  • 23 Maret 2018
  • 04:11 WITA
  • Administrator
  • Berita

Jakarta (Diktis) – Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Prof. Arskal Salim GP, MA melantik pengurus Asosiasi Dosen dan Program Studi/Jurusan Matematika dan Pendidikan/Tadris Matematika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (ADMAPETA dan APSMAPETA PTKI), Senin, 19 Maret 2018 di Ruang SIdang Lantai II Kementerian Agama RI. Hadir dalam pelantikan Agus Sholeh selaku Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, Para Kepala Seksi dan perwakilan dosen Matematika pada PTKIN seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Direktur PTKI menyampaikan bahwa dari waktu ke waktu saat ini terjadi keinginan yang kuat dari para Dosen untuk membentuk asosiasi keilmuan dosen dan program studi. Ini bukan Asosiasi yang pertama yang telah dibentuk. “Ini telah menjadi tren dan bisa terbentuk konsorsium keilmuan yang nantinya bisa bersinergi untuk program-program yang kolaboratif,” imbuhnya.

“Kami menyambut baik atas terbentuknya asosiasi program studi dan dosen matematika ini, kami akan mencoba melakukan koordinasi bersama para kasubdit program apa yang bisa dikolaborasikan,” jelas Arskal.

Asosiasi dibentuk untuk berkumpul, berinteraksi dan meningkatkan kulaitas secara kolektif, bukan sekedar sharing di WA group namun ini menjadi media yang mensinergikan potensi yang ada.

Selain itu guru besar bidang Politik Hukum Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut meminta kepada pengurus Asosiasi agar membuat kurikulum tentang integrasi keilmuan. “Matematika sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Al-Qur’an. Bagi saya pribadi Islam adalah science dan science adalah Islam. “Integrasi bukan Islamisasi, ini merupakan mandat pemerintah ketika kita mendirikan PTKI dan menjadi pembeda dengan pendidikan umum,” jelas Arskal.

Sementara menurut Risnawati selaku Ketua APSMAPETA menyampaikan bahwa tujuan dibentuknya Asosiasi ini adalah untuk membangun kerjasama antara anggota asosiasi dan antar lembaga dalam rangka memberikan kontribusi terhadap kebijakan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu asosiasi juga akan melakukan peningkatan kualitas kurikulum melalui integrasi keilmuan serta peningkatan kualitas mutu dan akreditasi, jelas Risna dosen matematika dari UIN SUSKA Riau.

Menurut Ahmad Hanif Ashar selaku ketua ADMAPETA menyampaikan bahwa Asosiasi dibentuk untuk memberikan manfaat kepada pada dosen dan Kemenag pada umumnya. Resource yang kami miliki luar biasa sudah banyak yang bergelar doktor bidang Matematika. “Kami akan menyambut baik dengan tangan terbuka terkait kerjasama untuk pengembangan prodi Matematika.” jelas Hanif.

Agus Sholeh meminta agar asosiasi dosen dan prodi matematika melakukan penguatan matematika di Madrasah dan Pondok Pesantren. “Matematika tidak menakutkan, tapi menyenangkan, itu joyful learning,” tegasnya.

Dalam kontek kerjasama Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Dit. PTKI bisa menjadi mitra dari Asosiasi ini. “Kami akan terus berkomunikasi untuk membuka peluang bagi bapak/ibu sekalian,” jelas Agus Sholeh.

Penulis: Alip Nuryanto

Sumber : http://diktis.kemenag.go.id/NEW/index.php?berita=detil&jenis=news&jd=919#.WrUmHIhubDd