Best Practice Pelaksanaan Asesmen di Madrasah : Menilai secara Objektif untuk Mengetahui Profil Kemampuan Peserta Didik secara Utuh

  • 16 Desember 2022
  • 11:40 WITA
  • Administrator
  • Berita

PMAT FTK UINAM – Online. Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika menyelenggarakan kuliah praktisi yang diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2020 tentang Best Practice Pelaksanaan Asesmen di Madrasah dengan tema “Menilai secara Objektif untuk Mengetahui Profil Kemampuan Peserta Didik secara Utuh”. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 13 Desember 2022 di LT Barat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar.

Kuliah praktisi ini dilaksanakan sebagai rangkaian dari pelaksanaan mata kuliah evaluasi pembelajaran. Kegiatan ini menghadirkan praktisi berpengalaman di bidang asesmen, yakni Bapak Amiruddin Mansur, S.Pd., M.Pd. Beliau merupakan salah satu alumni Prodi Pendidikan Matematika dan sekarang sebagai ketua MGMP Matematika Kabupaten Gowa.

Nursalam, S.Pd., M.Si. selaku dosen pengampu mata kuliah evaluasi pembelajaran mengungkapkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi terkait dengan asesmen di madrasah. Hal ini karena proses pembelajaran tidak hanya sekedar merencanakan dan melaksanakan, tetapi juga terkait bagaimana mengevaluasi. 

“Ketika berbicara tentang matematika, kita tidak hanya mengajarkan, tetapi juga diperlukan keterampilan dalam mengevaluasi”, ungkap Nursalam.

Dalam kuliah praktisi ini, pemateri memberikan bekal materi seputar asesmen, penilaian, dan evaluasi, serta memperlihatkan contoh instrumen penilaian terkait ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain itu, terdapat kegiatan sesi tanya jawab bagi mahasiswa yang ingin mengajukan pertanyaan.


(Badaruddin Amin, Tim Media PMAT FTK UINAM)