Prodi Pendidikan Matematika FTK UIN Alauddin melaksanakan penandatangan Implementation of Agreement (IA) dengan Prodi Pendidikan Matematika Universitas Tadulako dan IAIN Parepare

  • 25 November 2022
  • 06:38 WITA
  • Administrator
  • Berita

PMAT FTK UINAM – Online. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar menyepakati Implementation of Agreement (IA) dengan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tadulako dan Program Studi Pendidikan Matematika IAIN Pare-pare. Penandatanganan Implementation of Agreement (IA) tersebut berlangsung di ruang pertemuan FTK UIN Alauddin Makassar pada Kamis, 24 November 2022.

Kerja sama antar Perguruan Tinggi ini dilandasi oleh pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan dan memupuk hubungan kelembagaan dalam upaya mencapai keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional di bidang pendidikan tinggi.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Dr. H. A. Marjuni, M.Pd. menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, karena kegiatan Kerjasama antar perguruan tinggi khususnya level prodi akan meningkatkan penilaian kelembagaan. Dalam sambutannya Dekan FTK menyampaikan komitmen kerja yang digaungkan oleh FTK UINAM yaitu Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, dan Kerja Tuntas.

Nursalam, S.Pd., M.Si. selaku ketua jurusan Pendidikan Matematika mengatakan bahwa pelaksanaan kerja sama ini dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Harapannya ke depan, semoga kerja sama dalam bidang pendidikan dan pengajaran, baik dalam bentuk pertukaran mahasiswa ataupun perlibatan dosen masing-masing prodi untuk menjadi narasumber atau dosen tamu,” ucapnya.

Lebih lanjut, prodi Pendidikan Matematika juga siap melakukan kolaborasi dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. “Dosen Pendidikan Matematika UINAM juga siap berkolaborasi dalam menjadi reviewer ataupun editor masing-masing jurnal yang dikelola termasuk pengiriman naskah untuk publikasi”, sambung Nursalam.

Adapun beberapa bentuk kerja sama yang telah disepakati dalam IA tersebut meliputi i’tikad saling membantu dalam penyelenggaraan penelitian dan pengabdian masyarakat, kolaborasi dalam penelitian dan publikasi artikel ilmiah, serta kesediaan pihak terkait untuk menjadi editor ataupun reviewer jurnal yang dikelola oleh masing-masing Prodi. (Badaruddin Amin, Tim Media PMAT FTK UINAM)